Skip to main content

Mata Saya Part. 2 - (Softlens Mata Minus - Cara pakai, cara melepas dan cara merawat)




Apa hal yang pertamakali anda lakukan saat bangun tidur?
Bagi masyarakat perkotaan khususnya yang tinggal di kota besar, ada satu hal yang tampaknya tidak dapat dipisahkan dalam aktifitas mereka, apakah hal tersebut? memandang layar. Mulai dari layar smartphone yang banyak orang cek saat baru bangun tidur, melihat telivisi, aktivitas kantor, aktivitas belajar, aktivitas berbelanja, aktivitas bermain (game), papan billboard iklan diperjalanan dll.

Besar atau seringnya paparan sinar dari berbagai layar yang diterima oleh sebagian masyarakat kota besar dalam aktifitas mereka kalau tidak diatur pemakainnya dan dibarengi dengan pola hidup yang sehat dapat berakibat buruk pada mata dan dapat memicu miopia atau yang akrab disebut dengan mata minus, walaupun sebenarnya mata minus juga disebabkan faktor genetik. 

Kadar minus tertentu pada mata akan mengganggu penglihatan dan aktifitas yang dijalani dan pada akhirnya bergantung dengan penggunaan kacamata. Menggunakan kacamata walaupun dianggap keren bagi sebagian orang seperti saya waktu kecil pada kenyataanya tidak sekeren itu loh. Semakin dewasa pengguna kacamata akan semakin terganggu apalagi yang hobi berolahraga dan memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk tidak berkacamata. Satu-satunya cara setahu saya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan operasi lasik atau bisa juga menggunakan softlens atau lensa kontak untuk mata minus.

Saya pribadi baru 2 sesi menggunakan softlens, pada awalnya beli yang penting murah dan awal pakai perih namun lama kelamaan jadi terbiasa dan setelah masa pakainnya habis saya memutuskan untuk stay tetap menggunakan kacamata. Namun seiring waktu akhirnya saya memutuskan menggunakannya lagi karena beberapa alasan, kali ini saya berkesempatan menggunakan yang harganya lebih mahal dari yang sebelumnya karena ingin tahu seberapa terasa perbedaannya, dan setelah berkonsultasi dengan optician saya memutuskan untu memilih Biomedics 55 Evolution asphere – CooperVision yang saya pakai 1 dus isinya 6 pasang, masing-masing untuk penggunaan 1 bulan lamanya dan untuk cairan pembersih atau cairan multifungsinya saya memilih OPTI-FREE Replenish by Alcon.


            Setelah saya pakai habis 1 dus yang saya rasakan memang berbeda dengan brand yang pertama kali saya pakai dalam kasus ini harga tidak bohong ya hehe, jadi menurut saya ini termasuk merek softlens yang bagus kadar airnya 55% dan dilengkapi dengan UV Blocking. Adanya UV Blocking pada lensa kacamata dan softlens penting loh untuk melindungi mata dari radiai serta mencegah kerusakan dan penuaan dini pada mata. 



Selama pemakaian, yang saya rasakan lebih nyaman dan cairan pembersih atau tetesnya pun tidak terasa perih karena cairan untuk brand yang pertamakali saya gunakan itu terasa kesat dan agak perih. Setelah menggunakan brand softlens dan cairan pembersih multifungsi yang baru tersebut saya jadi ketagihan pakai, apalagi selama berkacamata dan beralih ke softlens jadi merasakan lagi bagaimana mata memiliki kesan normal tanpa beban pada wajah dan bingkai yang kacamata yang membatasi sudut pandang penglihatan.
            Bagi sebagian orang yang mau mencoba tapi masih ragu-ragu mungin dikarenakan ribet dan masih merasa takut. Mungkin beberapa tips ala saya ini dapat membantu, karena kalau sudah terbiasa dan lihai menggunakannya tidaklah seribet yang dibayangkan sebenarnya.

Tips Cara Menggunakan & Merawat Softlens
Nah! Saat melihat tutorial di youtube atau tempat lain, kebanyakan mereka memasang softlens langsung pada bagian tengah mata sementara saya takut, bagi anda yang menagalami permasalahan yang sama, saya ada tipsnya!. Jadi saya meletakan softlens pada bagian putih mata yang dekat dengan area tengah mata, begini caranya:

1.      Tubuh dan wajah menghadap tegak lurus ke cermin atau alat apapun yang memantulkan wajah dan tubuh seperti kamera dan layar tablet dan smartphone.

2.      Pada contoh ini akan memasang softlens ke mata bagian kiri jadi wajah menengok kearah kanan namun tubuh tetap kedepan.


3.      Selanjutnya, naikkan dagu anda  kesesebelah kiri dan sekarang anda dalam posisi yang disebut nenggleng wkwk dan bagian putih mata kiri anda menghadap ke bagian atas.


4.      Tarik dan tahan secara hati-hati bagian bawah kelopak mata kiri dengan bagian jari tengah tangan kiri dan jari telunjuknya anda gunakan untuk meletakkan softlens ke mata kiri anda.

5.      Saat sudah terpasang berediplah dan sambil kembalikan posisi tubuh anda seperti pada tahap pertama.


6.      Untuk memasang pada mata sebelah kanan lakukan saja sebaliknya dengan menghadap ke sebelah kiri dan gunakan jari dari tangan kanan anda.


          Untuk melapas softlens saya menggunakan cara yang umum digunakan dengan menahan kelopa mata bagian atas dan bawah lalu melakukan gerakan mencubit dengan jari telunjuk dan ibu jari di bagian bawah pada bagian kornea tengah mata. Namun bila sulit dilepas, teteskan 1-2 tetes cairan pembersih multifungsi softlens anda terlebih dahulu sebelum melepasnya. 

Bagi para pengguna softlens pastikan kalian mencuci tangan dengan bersih dan lap kering ya sebelum menyentuh softlens dan pastikan kalian tidak berkuku panjang agar tidak merusak softlens dan melukai mata anda. Tips selanjutnya adalah mencuci softlens setelah digunakan dengan menaruh di permukaan telapak tangan yang sudah dicuci bersih lalu tetesan sekitar 8 tetes cairan pembersih softlens lalu gosok dengan lembut menggunakan jari telunjuk dengan gerakan memutar.

Setelah sudah di cuci atau scrubbing simpan softlens di tempatnya dengan keadaan seluruh bagian softlens terendam oleh cairan pembersih multifungsi softlens. Tips dari saya ganti air di dalam tempat softlens tersebut 3 hari sekali namun kalau dipakai setiap hari, ya saya biasanya menggantinya setiap hari. Saya pernah ada pengalaman setelah satu minggu baru saya gunakan kembali dan dalam satu minggu tersebut airnya tidak saya ganti dan menyebaban saat dipakai terasa kesat dan kecut haha. Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat. Terimakasih banyak sudah membaca hehe.




Comments

Popular posts from this blog

Mata Saya Part. 3 - (Nonton Pakai Kacamata 3D Di Bioskop)

Hola!, bagi kalian yang generasi 90’an pasti tahu kalau dahulu ada film serial televisi 3D (atau tiga dimensi). Bagi yang tidak tahu izinkan saya untuk menjelaskannya secara ringkas. Dahulu ada serial televisi yang menayangkan acaranya secara tiga dimensi, untuk dapat merasakan efeknya saat menonton, harus membeli kacamata tiga dimensi yang dijual di pasaran dengan membeli produk sponsor acara tersebut dan nanti tentunya akan mendapatkan kacamata tiga dimensi yang nantinya akan digunakan untuk menonton acara serial televisi tersebut, saya jadi flashback keseruan saat itu saat saya yang masih kecil menonton acara tersebut bersama teman-teman. Anak-anak zaman now tampaknya lebih berbahagia dengan suguhan tekhnologi semacam itu, karena hal seperti itu sudah bukan hal yang tabu lagi bagi mereka. Saat ini kita mudah menemukan tempat menonton tayangan dengan fasilitas 3D dan 4D, bahkan hanya dengan smartphone saja kita dapat memadukannya menggunaan tekhnologi VR ( Virtual Re

Welcommunication 2014 - FISIB Pakuan University

Pada hari senin telah diadakan acara Welcommunication di Universitas Pakuan Bogor. Welcommunication sendiri adalah acara tahunan yang diadakan oleh program Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Budaya (FISIB) UNPAK Bogor. Dalam acara tersebut dihadiri oleh para dosen, dan tentunya para mahasiswa baru, karena acara ini sendiri dalam penyelenggaraannya ditangani oleh para pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMNI) yang bertujuan untuk memperkenalkan keempat organisasi mahasiswa resmi dari program studi ilmu komunikasi, keempat organisasi tersebut antara lain : 1.) Shutter Shoot ( SS ) 2.) Beranda Pers ( Beranda ) 3.) Intellectual Club of Public Relations ( ICPR ) 4.) Club Lobi Pilm ( CLP ) (Beranda Pers - Campaign Video) (Beranda Pers Stand) (ICPR - Stand) (SS - Stand) (CLP - Stand) - Raster Affandi -

[Anime] Ghost at school

Whoaaaaa!!.. I really miss this anime XD Ghost at school sudah menjadi salah satu bagian dari masa kecil saya, dulu anime ini ditayangkan oleh salah satu televisi swasta Indonesia namanya TV7 tapi sekarang namanya sudah berubah menjadi Trans7 dan ditanyankan sekitar pukul 18:00 WIB / 19:00 kalau tidak salah, setelah main diluar rumah seharian sewaktu kecil anime yang dulu tayang senin - jumat ini selalu saya nantikan, cerintanya seru namun seiring bertambahnya usia jadi sangan kangen sama anime ini. Tahun demi tahun terlewati (halah!) dan akhirnya saya ditawarkan oleh my college friend yang ternyata juga suka sama anime ini dan dia punya videonya dari cerita awal sampai akhir yang versi Indonesia haha makasih yah. dan hari ini tepatnya January 12, 2013 saya menonton video anime ini woaah! kangen rasanya sudah lama sekali, apalagi saat mendengarkan soundtrack opening dan endingnya yang lirik-liriknya masih saya hafal. Jadi bagaimana nostalgia saya dengan anime yang s