Skip to main content

Mata Saya Part. 2 - (Softlens Mata Minus - Cara pakai, cara melepas dan cara merawat)




Apa hal yang pertamakali anda lakukan saat bangun tidur?
Bagi masyarakat perkotaan khususnya yang tinggal di kota besar, ada satu hal yang tampaknya tidak dapat dipisahkan dalam aktifitas mereka, apakah hal tersebut? memandang layar. Mulai dari layar smartphone yang banyak orang cek saat baru bangun tidur, melihat telivisi, aktivitas kantor, aktivitas belajar, aktivitas berbelanja, aktivitas bermain (game), papan billboard iklan diperjalanan dll.

Besar atau seringnya paparan sinar dari berbagai layar yang diterima oleh sebagian masyarakat kota besar dalam aktifitas mereka kalau tidak diatur pemakainnya dan dibarengi dengan pola hidup yang sehat dapat berakibat buruk pada mata dan dapat memicu miopia atau yang akrab disebut dengan mata minus, walaupun sebenarnya mata minus juga disebabkan faktor genetik. 

Kadar minus tertentu pada mata akan mengganggu penglihatan dan aktifitas yang dijalani dan pada akhirnya bergantung dengan penggunaan kacamata. Menggunakan kacamata walaupun dianggap keren bagi sebagian orang seperti saya waktu kecil pada kenyataanya tidak sekeren itu loh. Semakin dewasa pengguna kacamata akan semakin terganggu apalagi yang hobi berolahraga dan memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk tidak berkacamata. Satu-satunya cara setahu saya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan operasi lasik atau bisa juga menggunakan softlens atau lensa kontak untuk mata minus.

Saya pribadi baru 2 sesi menggunakan softlens, pada awalnya beli yang penting murah dan awal pakai perih namun lama kelamaan jadi terbiasa dan setelah masa pakainnya habis saya memutuskan untuk stay tetap menggunakan kacamata. Namun seiring waktu akhirnya saya memutuskan menggunakannya lagi karena beberapa alasan, kali ini saya berkesempatan menggunakan yang harganya lebih mahal dari yang sebelumnya karena ingin tahu seberapa terasa perbedaannya, dan setelah berkonsultasi dengan optician saya memutuskan untu memilih Biomedics 55 Evolution asphere – CooperVision yang saya pakai 1 dus isinya 6 pasang, masing-masing untuk penggunaan 1 bulan lamanya dan untuk cairan pembersih atau cairan multifungsinya saya memilih OPTI-FREE Replenish by Alcon.


            Setelah saya pakai habis 1 dus yang saya rasakan memang berbeda dengan brand yang pertama kali saya pakai dalam kasus ini harga tidak bohong ya hehe, jadi menurut saya ini termasuk merek softlens yang bagus kadar airnya 55% dan dilengkapi dengan UV Blocking. Adanya UV Blocking pada lensa kacamata dan softlens penting loh untuk melindungi mata dari radiai serta mencegah kerusakan dan penuaan dini pada mata. 



Selama pemakaian, yang saya rasakan lebih nyaman dan cairan pembersih atau tetesnya pun tidak terasa perih karena cairan untuk brand yang pertamakali saya gunakan itu terasa kesat dan agak perih. Setelah menggunakan brand softlens dan cairan pembersih multifungsi yang baru tersebut saya jadi ketagihan pakai, apalagi selama berkacamata dan beralih ke softlens jadi merasakan lagi bagaimana mata memiliki kesan normal tanpa beban pada wajah dan bingkai yang kacamata yang membatasi sudut pandang penglihatan.
            Bagi sebagian orang yang mau mencoba tapi masih ragu-ragu mungin dikarenakan ribet dan masih merasa takut. Mungkin beberapa tips ala saya ini dapat membantu, karena kalau sudah terbiasa dan lihai menggunakannya tidaklah seribet yang dibayangkan sebenarnya.

Tips Cara Menggunakan & Merawat Softlens
Nah! Saat melihat tutorial di youtube atau tempat lain, kebanyakan mereka memasang softlens langsung pada bagian tengah mata sementara saya takut, bagi anda yang menagalami permasalahan yang sama, saya ada tipsnya!. Jadi saya meletakan softlens pada bagian putih mata yang dekat dengan area tengah mata, begini caranya:

1.      Tubuh dan wajah menghadap tegak lurus ke cermin atau alat apapun yang memantulkan wajah dan tubuh seperti kamera dan layar tablet dan smartphone.

2.      Pada contoh ini akan memasang softlens ke mata bagian kiri jadi wajah menengok kearah kanan namun tubuh tetap kedepan.


3.      Selanjutnya, naikkan dagu anda  kesesebelah kiri dan sekarang anda dalam posisi yang disebut nenggleng wkwk dan bagian putih mata kiri anda menghadap ke bagian atas.


4.      Tarik dan tahan secara hati-hati bagian bawah kelopak mata kiri dengan bagian jari tengah tangan kiri dan jari telunjuknya anda gunakan untuk meletakkan softlens ke mata kiri anda.

5.      Saat sudah terpasang berediplah dan sambil kembalikan posisi tubuh anda seperti pada tahap pertama.


6.      Untuk memasang pada mata sebelah kanan lakukan saja sebaliknya dengan menghadap ke sebelah kiri dan gunakan jari dari tangan kanan anda.


          Untuk melapas softlens saya menggunakan cara yang umum digunakan dengan menahan kelopa mata bagian atas dan bawah lalu melakukan gerakan mencubit dengan jari telunjuk dan ibu jari di bagian bawah pada bagian kornea tengah mata. Namun bila sulit dilepas, teteskan 1-2 tetes cairan pembersih multifungsi softlens anda terlebih dahulu sebelum melepasnya. 

Bagi para pengguna softlens pastikan kalian mencuci tangan dengan bersih dan lap kering ya sebelum menyentuh softlens dan pastikan kalian tidak berkuku panjang agar tidak merusak softlens dan melukai mata anda. Tips selanjutnya adalah mencuci softlens setelah digunakan dengan menaruh di permukaan telapak tangan yang sudah dicuci bersih lalu tetesan sekitar 8 tetes cairan pembersih softlens lalu gosok dengan lembut menggunakan jari telunjuk dengan gerakan memutar.

Setelah sudah di cuci atau scrubbing simpan softlens di tempatnya dengan keadaan seluruh bagian softlens terendam oleh cairan pembersih multifungsi softlens. Tips dari saya ganti air di dalam tempat softlens tersebut 3 hari sekali namun kalau dipakai setiap hari, ya saya biasanya menggantinya setiap hari. Saya pernah ada pengalaman setelah satu minggu baru saya gunakan kembali dan dalam satu minggu tersebut airnya tidak saya ganti dan menyebaban saat dipakai terasa kesat dan kecut haha. Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat. Terimakasih banyak sudah membaca hehe.




Comments

Popular posts from this blog

1803 MDPL | Gunung Kencana - Puncak, Cisarua

It's Hiking Time!..
Whatsup!?.. Hope you all fine and good. Dalam postingan saya kali ini, saya ingin share sedikit pengalaman saya tentang pendakian saya dan teman-teman saya ke Gunung Kencana yang berlokasi di Cisarua. Saya dan teman-teman mendaki pada hari Rabu tanggal 14 Oktober 2015 yang mana bertepatan dengan tahun baru Islam, yup! secara otomatis kita sudah pasti akan merayakan malam tahun baru di Gunung Kencana karena kami akan menginap di sana.
Perjalanan yang kami tempuh dari Kota Bogor ke daerah Puncak Cisarua lumayan jauh dan untung saja cuaca pada saat itu sangat bersahabat, namun

Mata Saya Part. 1 - (Periksa mata ke Optik, Kaca Mata, Mata Minus)

Jadi... Semuanya terjawab sudah.
selama berbulan-bulan saya menulis di kelas melihat papan tulis yang tulisanya terlihat rada kabur, sehingga membuat kepala saya sakit dan pusing.

Dan.....

Semakin lama kok semakin parah yah?, akhirnya kemarin (05-12-2011)
Saya bersama kakak saya berkunjung ke Optik Berinisial "M" di salah satu pusat perbelanjaan di daerah Cibubur.

Hmm... saya masuk ke dalam optik dan berbincang-bincang dengan pekerja optik tersebut karena saya sedang menunggu giliran karena sedang ada yang periksa mata juga.
Saya melihat-lihat frame kacamata di etalase toko selagi menunggu. Tapi kok harganya mahal-mahal yah?! -__-
Memang sih merk-merknya juga yang berkualitas internasional namanya juga optik ternama barang-barang yang dijual pun harus sesuai, lagi pula saya kan masih awam dalam perkacamataan jadi tidak pernah terbayangkan sebelumnya kalau harga sebuah kacamata bisa semahal itu khususnya harga frame kacamata yang ternyata lebih mahal dari kacanya haha.

Dan...

Tiba akh…

[Review] Waroenk Talubi - Bogor

Bonjour!. Bagi kalian yang pecinta kuliner atau biasa disebut food lovers or foodies ada kabar baik untuk kalian yang sedang mencari mangsa baru hehe, karena pada tulisan saya kali ini akan membahas tempat makan yang baru dibuka. Saya dan teman-teman blogger lainnya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri grand opening / grand launching  tempat makan tersebut yang bernama Waroenk Talubi, acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 28 April 2018. Lokasi Waroenk Talubi mudah sekali untuk kalian temui karena berada di salah satu jalan yang memiliki banyak tempat makan di Kota Bogor yaitu, di Jalan Suryakencana.
      Jalan Suryakencana itu jalur satu arah yang dibagian jalan masuknya memiliki gapura merah besar, jadi dari bagian depan jalan tesebut memiliki gapura merah. Setelah kalian memamsuki gapura merah yang besar lurus sedikit kalian akan memasuki kawasan Pasar Bogor, setelah itu lurus saja terus sampai kalian melihat gedung Megaswara yang besar berada di sebelah kanan jalan…