Skip to main content

Thalassemia







Thallasemia. Mungkin nama penyakit tersebut masih awam dan jarang terdengar di telinga masyarakat kita. Benar Thallasemia adalah sebuah nama penyakit, dimana penyakit ini bersifat genetik dan menyebabkan terganggunya pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Jadi ini dari penyakit thalassemia ini adalah  kelainan pada darah.

Saya sendiri baru mengetahui penyakit ini belakangan ini, awalnya saya mendapakan tugas dari matakuliah event organizer. Saya dan kelompok saya dimana saya sendiri mendapat kepercayaan untuk menempati posisi ketua pelaksana, akhirnya berbekal informasi dari salah satu anggota kelompok saya untuk menyarankan membuat acara yang melibatkan para penderita thalassemia tersebut karena anggota kelompok saya tebsebut mempunyai link  atau kenalan di Rumah Sakit Palang Merah Indonesia (Rs. PMI) Bogor. Setelah berdiskusi dengan pihak Rs. PMI Bogor yang menangani bagian penyakit thalassemia kami pun akhirnya beraliansi untuk membuat acara yang akan berbentuk seperti gathering keluarga dengan sosialisasi dan hiburan di dalamnya.

Akhirnya setelah bekerja keras selama berminggu-minggu saya dan
kelompok saya yang memberi nama event organizer kami dengan nama '10-to-O2 Event Organizer' melangsungkan acara kami yang diadakan pada hari Minggu tanggal 9 November 2014. Acaranya sendiri bernama 'Great Parents Sosialisasi dan Silaturahmi Orang Tua Penserita Thalassemia POPTI Cabang Bogor'. Kami sebagai e.o yang para anggotanya masih terbilang 'awam' ini senang bisa mengenal penyakit tersebut dan dapat membuat acara dan membuat momen yang menyenangkan untuk mereka. Perlu diketahui kebanyakan penderitanya adalah anak-anak memang karena penyakit ini mulai terdeteksi sejak mereka masih anak-anak, kemudian anak-anak yg menderita penyakit ini harus menjalani transfusi darah seumur hidup mereka karena sampai saat ini di Indonesia masih belum ada obatnya, untuk diluar negeri sendiri saya kurang tahu. Biaya transfusi darahnya sendiri tidak dikenakan biaya namun untuk obat yang harus sertakan saat transfusi darah itu baru dikenakan biaya dimana obatnya sendiri harus impor karena di Indonesia belum ada yang memproduksinya. Mengetahui hal tersebut saya senang dan berterimakasih bagi para pendonor darah karena saya makin mengetahui bahwa darah-darah yang di donorkan tersebut bagaikan kehidupan bagi orang lain yang belum tentu mereka kenal, perbuatan yang sangat mulia. Untuk acara yang telah saya adakan tersebut saya juga ingin berterimakasih kepada para sponsor yang mau peduli kepada penderita thalassemia dan membantu membantu kamu menyukseskan terselenggaraya acara kami. Saya pun sempat mendapat pujian dari salah satu peserta yaitu seorang bapak-bapak yang sepertinya anggota undangan dari salah satu sponsor kami yang mengatakan langsung kepada saya kurang lebih seperti ini "Kalian para mahasiswa, bagus. Acara seperti ini yang diperlukan dari anak-anak (penderita thalassemia), acara kalian bagus". Untuk saya yang awam dalam membuat acara terbilang lumayan besar tentunya senang mendapat pujian seperti itu dimana saya sendiri masih merasa banyak kekurangan dalam upaya menyelenggarakan acara tersebut akan tetapi saya ucapkan terimakasih banyak untuk semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan terselenggaranya acara tersebut.



























- Raster Affandi -

Comments

  1. saya Ingin merekomendasikan dan me jelaskan bagi yg baru saja tervonis thalasemia atau yang sudah lama tervonis thalassemia coba Baca sampai habis mungkin bermanfaat.

    Tegakkan atau TUNTASKAN diagnosa thalsemianya... Ini penting sekali!... Jangan hanya karena dugaan/suspect thalasemia, kemudian sudah memastikan thalasemia...
    1. Sudah konfirm (pasti) hasil labnya menunjukkan thalasemia, bukan hal yg lainnya...
    .
    2. DAN... Ada dua kali kejadian, hbnya turun dibawah 7... (tanpa diiringi suatu serangan penyakit dari luar)... ini penting sekali, untuk menyaring thalasemia intermediate (yg tak akan bisa dipastikan dengan hasil lab saja! kecuali cek genetik!)
    Maksudnya ketika terkena serangan penyakit, thaller intermediate bisa saja hbnya turun dibawah 7 dan perlu bantuan tranfusi, tapi belum tentu perlu rutin berkala!...

    3. ATAU... meski Hb diatas 7, adanya salah satu saja, gejala fisik yg jelas dan menyolok, seperti terlambatnya tumbuh kembang, perubahan tulang, limpa atau liver yg membesar, jantung yg bermasalah...

    Jadi jika ada (no 1 DAN no 2), ATAU (no 1 DAN no 3)Baru diputuskan masuk 'terapi tranfusi', alias masuk program tranfusi rutin berkala...
    .
    Sekali diputuskan masuk terapi tranfusi berkala, ATUR JARAK ANTAR TRANFUSINYA

    jangan lupa terapi suportif yg lainnya (wajib bagi thalasemia mayor maupun intermediate!) yaitu jaga kecukupan asupan asam folat, vitamin B12, dan vitamin E-nya... untuk apa?

    1. karena produksi darah pada thaller mayor/intermediate itu jauh lebih cepat dibanding orang normal, maka bahan dasar pembentukan sel darah, yg salah duanya yaitu asam folat dan vit B12, automatis dibutuhkan banyak itu TAK AKAN terkejar oleh asupan makanan sehari hari!... karena itulah thaller mayor/intermediate itu WAJIB konsumsi tambahan asam folat setiap harinya!...sedang untuk vit B12, karena makanan pokok kita adalah nasi, masih bisa mengandalkan asupan vitB12 dari itu...
    Jika kekurangan asam folat dan vit B12, maka kondisi anemianya akan memburuk... Thalasemia PLUS defisiensi asam folat... Hbnya akan turun lebih cepat, atau bagi yg intermediate kesetimbangan hbnya akan drop (sehingga butuh bantuan tranfusi!)...

    2. vitamin E adalah pilihan yg cocok untuk thaller mayor/intermediate, karena vitamin C bisa berdampak mempercepat penyerapan zat besi diusus

    disamping itu, kinerja organ liver pada thaller mayor/intermediate itu jauh lebih berat dibanding orang normal... artinya .. jika thaller mayor/intermediate lalai menjaga organ livernya, maka kondisi thalasemianya akan memburuk... oleh karena itulah, vitamin liver itu penting buat thaller mayor/intermediate

    bagi thaller alpha, ada yg jadi jarang tranfusinya (memang seharusnya begitu!), setelah dia konsumsi rutin asam folat, vitamin E dan vitamin liver usahakan cari yang jenis herbal jangan sintetik karna lebih baik dan aman herbal dari pada sintetik. Dan kami selama ini meme berikan vitamin itu dari dokter yusuf yang berbahan herbal tr baik dari beliau. Kami juga di sarankan oleh teman yang anaknya sudah sembuh.
    Alahamdulilah selama ini kosumsi vitamin dari beliau kondisi liver dll jauh lebih baik.
    Yang Ingin kosumsi vitamin tr baik seperti kami coba hubungi dokter yusuf nya langsung. Ini nomor beliau 0853-6167-52-32

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mata Saya Part. 3 - (Nonton Pakai Kacamata 3D Di Bioskop)

Hola!, bagi kalian yang generasi 90’an pasti tahu kalau dahulu ada film serial televisi 3D (atau tiga dimensi). Bagi yang tidak tahu izinkan saya untuk menjelaskannya secara ringkas. Dahulu ada serial televisi yang menayangkan acaranya secara tiga dimensi, untuk dapat merasakan efeknya saat menonton, harus membeli kacamata tiga dimensi yang dijual di pasaran dengan membeli produk sponsor acara tersebut dan nanti tentunya akan mendapatkan kacamata tiga dimensi yang nantinya akan digunakan untuk menonton acara serial televisi tersebut, saya jadi flashback keseruan saat itu saat saya yang masih kecil menonton acara tersebut bersama teman-teman. Anak-anak zaman now tampaknya lebih berbahagia dengan suguhan tekhnologi semacam itu, karena hal seperti itu sudah bukan hal yang tabu lagi bagi mereka. Saat ini kita mudah menemukan tempat menonton tayangan dengan fasilitas 3D dan 4D, bahkan hanya dengan smartphone saja kita dapat memadukannya menggunaan tekhnologi VR ( Virtual Re

Welcommunication 2014 - FISIB Pakuan University

Pada hari senin telah diadakan acara Welcommunication di Universitas Pakuan Bogor. Welcommunication sendiri adalah acara tahunan yang diadakan oleh program Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Budaya (FISIB) UNPAK Bogor. Dalam acara tersebut dihadiri oleh para dosen, dan tentunya para mahasiswa baru, karena acara ini sendiri dalam penyelenggaraannya ditangani oleh para pengurus Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMNI) yang bertujuan untuk memperkenalkan keempat organisasi mahasiswa resmi dari program studi ilmu komunikasi, keempat organisasi tersebut antara lain : 1.) Shutter Shoot ( SS ) 2.) Beranda Pers ( Beranda ) 3.) Intellectual Club of Public Relations ( ICPR ) 4.) Club Lobi Pilm ( CLP ) (Beranda Pers - Campaign Video) (Beranda Pers Stand) (ICPR - Stand) (SS - Stand) (CLP - Stand) - Raster Affandi -

[Anime] Ghost at school

Whoaaaaa!!.. I really miss this anime XD Ghost at school sudah menjadi salah satu bagian dari masa kecil saya, dulu anime ini ditayangkan oleh salah satu televisi swasta Indonesia namanya TV7 tapi sekarang namanya sudah berubah menjadi Trans7 dan ditanyankan sekitar pukul 18:00 WIB / 19:00 kalau tidak salah, setelah main diluar rumah seharian sewaktu kecil anime yang dulu tayang senin - jumat ini selalu saya nantikan, cerintanya seru namun seiring bertambahnya usia jadi sangan kangen sama anime ini. Tahun demi tahun terlewati (halah!) dan akhirnya saya ditawarkan oleh my college friend yang ternyata juga suka sama anime ini dan dia punya videonya dari cerita awal sampai akhir yang versi Indonesia haha makasih yah. dan hari ini tepatnya January 12, 2013 saya menonton video anime ini woaah! kangen rasanya sudah lama sekali, apalagi saat mendengarkan soundtrack opening dan endingnya yang lirik-liriknya masih saya hafal. Jadi bagaimana nostalgia saya dengan anime yang s